Friday 29 April 2016

Filled Under: , ,

Research Gate, Gudang Sosial para Akademisi

Siapapun juga mendengar Media Sosial, terngiang banyak sekali bentuk Media Sosial yang kita tau, seperti Facebooj, Twitter, Linkedin dan rata-rata Media Sosial yang kita kenal banyak sekali keuntungan dan keragamana yang kita dapat lihat pada sisi positif dan negatifnya. 

Tapi kenapa saya menyebut Research Gate adalah "Gudang Sosial'' nya para Akademisi? Karena di media sosial ini yang saya lihat pada Research Gate lebih prefer pada diskusi ilmiah, pencarian jurnal (dari researcher atau publisher langsung), juga bisa following dan mengirim pesan langsung ke mereka. 
Jadi saya introduce dulu, Research Gate Situs ini menyediakan pelbagai aplikasi web termasuk pencarian semantik (mencari seluruh abstrak) berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Semenjak Mei 2008, ResearchGate telah digunakan oleh lebih dari 1,400,000ilmuwan dari 196 negara.berbagi file, berbagi database publikasi, forum, diskusi metodologi, grup, dan berbagai aplikasi lainnya. Semenjak Mei 2008, ResearchGate telah digunakan oleh lebih dari 1,400,000ilmuwan dari 196 negara.

Dengan adanya media sosial para civitas akademisi (Research Gate) memiliki beragam fitur dan kelebihanya diantarnya:
  • Mengakses dan mendiskusikan publikasiDengan adanya fitur ini para civitas akademik dapat saling mengakses penulisan/penelitian yang dipublikasikan oleh penulis/peneliti kepada masyakarat umum. Fitur ini dapat bermanfaat karena dapat saling bertukar ide-ide baru dan kolaborasi bersama antar peneliti/penulis.
  • Pertajam nilai diri untuk lingkungan kerjaMaksud dari fitur ini adalah dengan adanya publikasi penelitian yang kita tulis lalu dipublikasikan pada research gate dapat menjadikan nilai tambah pada diri kita mengenai pengalaman penulisan dan penelitian pada bidang yang bersangkutan untuk menignkatkan skill dan kemampuan diri sebagai nilai tambah di dunia kerja.
  • Statistik pada penelitianPada fitur ini bertujuan untuk melakukan pengamatan statistik pada penelitian atau penulisan yang telah kita buat dan publikasikan pada research gate, dengan adanya fitur ini kita dapat mengetahui apakah penelitian yang kita buat sangat relevan dan menjadi bahan diskusi oleh civitas akademisi lainya.
  • Bangun koneksi dengan kolegaSeperti pada media sosial umumnya research gate juga terdapat fasilitas yaitu bangun koneksi dengan apra kolegamu. Tujuanya adalah agar kita dapat menjalin komunikasi dengan para civitas akademisi lain yang diharapkan dapat saling berbagi ilmu dan berkolaborasi dalam membuat atau mengembangkan penelitian, penulisan.

Pada research gate terdapat 3 pilihan utama jika belum terdaftar sebagai anggota research gate yaitu:
  • Peneliti akademikPada akun ini ditujukan untuk para civitas akademik universitas, institusi ataupun peneliti perseorangan.
  • Peneliti koorporasiPada jenis akun ini ditujukan untuk para pengembang dan penggiat teknologi dan produk perusahaan.
  • MedicalJenis akun ini bertujuan untuk para peneliti medis baik ahli medis profesional, klinikal dsb.

Jadi Reseach Gate di Indonesia sendiri penggunanya terbilang sangat banyak, dan salah satunya Research Gate yang saya lihat dari salah satu dosen di kelas saya adalah sebagai berikut :
Bp Eri Prasetyo Wibowo
Beliau merupakan dosen Pengantar Web Science kelas 2IA01 /2014-2015. Beliau telah memiliki 30 publikasi pada research gate, dan selain sebagai Dosen Softskill pada mata kuliah ini, beliau juga memiliki skill dan expertise yang terbilang sangat menarik, seperti CMOS, VLSI, Microelectronics, Circuit Simulation dan Mentor Graphics. Salah satu contoh Research yang beliau miliki adalah Content Based Image Retrieval Using Local Color Histogram
Dari sekian banyak akademisi yang terdaftar dan mempublikasikan penelitian, menjadikan media sosial akademisi ini menjadi sangat bermanfaat bagi siapa saja yang membutuhkan referensi ilmu ataupun referensi penelitian untuk dikembangkan. Awal yang sangat baik bagi yang ingin mengexplore lebih jauh melalui Research dan ajang pencarian Link sangat menarik jika menggunakan Research Gate ini.

1 comments:

Silahkan berkomentar dengan damai tanpa menyimpang dari topik And Please DON'T SPAM!!