Friday 17 June 2016

Filled Under: , ,

Webometric dalam Pemeringkatan Universitas

Webometric adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut.

Webometrics melakukan pemeringkatan perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia berdasarakan kepopuleran website resmi dan banyaknya dampak karangan dan penelitian ilmiah suatu perguruan tinggi atau universitas bagi masyarakat umum.



Hal yang dilakukan WEBOMETRIC dalam menilai Universitas
Webometrics memiliki empat indikator penilaian yakni size atau ukuran keterjangkauan, yakni jumlah halaman web yang dapat dijangkau oleh empat mensin pencari seperti Google, Yahoo, Live Search, dan Exalead.

Mulai Juli 2012, Kriteria penilaian yang digunakan oleh Webometrics kali ini berubah dari sebelumnya. Selama ini Webometrics menggunakan kriteria size, visibility, rich text, dan scholary, namun kali ini Webometrics menggunakan presence (20%), impact (50%), openness (15%), dan excellence (15%) sebagai kriteria penilaian.

Presence (20%) adalah Jumlah halaman web host dalam webdomain utama (termasuk semua subdomain dan direktori) dari universitas yang diindeks oleh mesin pencari Google. Penilaian ini menghitung setiap halaman web, termasuk semua format yang diakui secara individual oleh Google, termasuk halaman statis dan dinamis dan selain rich files.

Untuk daftar 10 perguruan tinggi dan universitas terbaik berdasarkan webometrics yaitu dengan semakin kecil perolehan point yang diperoleh pada world lank lalu di filter berdasrakan negara Indonesia yaitu:


Daftar Pustaka
http://www.webometrics.info/en
http://www.webometrics.info/en/Asia/indonesia%20
http://www.webometrics.info/en/world
http://tescaindonesia.org/content/news/webometrics-prestigious-university-rating-agency/read

Silahkan berkomentar dengan damai tanpa menyimpang dari topik And Please DON'T SPAM!!